Jumat, 03 Februari 2012

Teori Belajar Edward L. Thorndike


A. SEJARAH EDWARD LEE THORNDIKE
Edward L.Thorndike, merupakan pelopor tidakhanya dalamteori belajar,tetapi jugadalam praktikpendidikan, verbal, psikologi komparatif, tes kecerdasan, masalah sifat-mengasuh, transfertraining, dan penerapanukuran kuantitatifuntuk masalahsociopsychological. Thorndikememulai penelitiannya tersebut ketika usianya lebihdari 60tahun.
Penelitiandimulaidengan studi mengenaitelepati mentalpada anak-anak(yang iadijelaskan sebagaipendeteksibawah sadarpada gerakan tiapmenit darianakyang telah dibuat oleheksperimen).Percobaan berikutnyamelibatkananak ayam,kucing,tikus,anjing, ikan,monyet,danpada akhirnyamanusiadewasa. Produktivitas ilmiah Thorndike sulit untuk dipercaya. Sampai tahun 1947, ia telah menulis sebanyak 507 buku, monographs dan artikel jurnal. Dalam otobiografinya tertulis bahwa ia telah menghabiskan waktu sebanyak 20.000 jam untuk membaca an mempelajari buku ilmiah dan jurnal
Thorndike lahir di Williamsburg, pada tanggal 31 Agustus 1874. Masa kanak-kanak dan pendidikannya adalah sebagai anak lelaki kedua dari seorang pendeta Metodis di Lowell, Massachusetts. Thorndike lulus dari The Roxbury Sekolah Latin (1981), di West Roxbury, Massachusetts, Wesleyan University (BS 1895), Harvard University (MA 1897), dan Columbia University (PhD. 1898).
Awal karir Thorndike dibidang psikologi dimulai saat ia tertarik terhadap pada buku William James yang berjudul “Principles of Psychology, dimana ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Wesleyan. Oleh sebab itu, ia memutuskan untuk mengambil mata kuliah James di Universitas Harvard. Hubungan Thorndike dengan James sangat dekat, tidak hanya sebatas dosen dengan mahasiswa. Hal ini terbukti dengan beberapa bantuan yang diberikan James terhadap Thorndike, antara lain mengijinkan Thorndike untuk tinggal di basementnya dan melakukan eksperimen di laboratoriumnya.
Setelah ia menyelesaikan kuliah di Universitas Harvard, Thorndike bekerja di “Teacher’s College of Columbia” dibawah pimpinan James Mc.Keen Cattell. Disinilah minatnya yang besar timbul terhadap proses belajar, pendidikan dan inteligensi. Diawal penelitian, Thorndike menggunakan anak ayam sebagai bahan penelitiannya, kemudian diganti dengan kucing, tikus, anjing, ikan, kera dan orang dewasa. Sebenarnya ia juga menggunakan gorilla, tetapi tidak berlangsung lama karena ia tidak punya uang untuk membeli dan merawatnya.
Tahun-tahun penelitian hewan yang dirangkum dalam disertasi doktornya, berjudul animal intelligence: An Expert mental study of the associative Process in Animal,yang diterbitkan pada tahun 1890 dan diperluas dan diterbitkan ulang pada tahun 1911 sebagai Intelijen Hewan. Ide-ide dasar yang dikemukakan dalam dokumen-dokumen ini merasuki semua tulisan Thorndike dan pada kenyataannya sebagian besar berupa teori belajar.
Pada tanggal 29 Agustus 1900, dia menikahi Elizabeth Moulton dan mereka mempunyai lima anak. Beliau merupakan seorang anggota dewan dari Psychological Association pada tahuan 1912. Kemudian, pada tahun 1937, Thorndike menjadi Presiden kedua Psychometric Society, mengikuti jejak Leon Thurstone yang telah mendirikan masyarakat dan jurnal Psychometrika tahun sebelumnya. Edward L. Thorndike meninggal tanggal 9 Agustus 1949.
Beberapa buku yang pernah ditulis, antara lain :
• Animal Intelligence : An Experimental Study of Asociation Process in Animal – 1898 (saat Thorndike berusia 24 tahun)
Buku ini berisi penelitian Thorndike terhadap tingkah laku beberapa jenis hewan, yang mencerminkan prinsip dasar dari proses belajar yang ia anut yaitu asosiasi
• Educational Psychology (1903)
Buku ini merupakan penerapan prinsip transfer of training di bidang pendidikan. Berkat buku ini dan prestasinya yang lain, Thorndike diangkat menjadi guru besar di “Teacher’s College of Columbia”.
• Animal Intelligence (1911)
Sebenarnya buku ini merupakan disertasi doktornya (1898) yang dikembangkan bersama dengan penelitian-penelitiannya yang lain.
B. GAGASAN TEORI UTAMA THORNDIKE
1. Koneksionisme
Thorndike memplokamirkan teorinya dalam belajar. Ia mengungkapkan bahwasannya setiap makhluk hidup dalam tingkah lakunya itu merupakan hubungan antara stimulus dan respon.Adapun teori Thorndike ini disebut teori koneksionisme, koneksidisebutsebagaikoneksisarafyangdisebutsambungansarafantara stimuli(S) dan respon(R).Agar tercapaihubungan antara stimulus dan respons, perlu adanyakemampuan untuk memilih respons yang tepat sertamelalui percobaan-percobaan ( trials ) dan kegagalan-kegagalan ( error ) terlebih dahulu.

2. Selecting and Connecting (Memilih dan Menghubungkan)
Teori Thorndhike yang paling mendasar adalah trial dan eror belajar, atau pada awalnya disebut selecting and connecting. (memilih dan menghubungan). Ia mencapai gagasan dasar ini melalui percobaan awalnya, menempatkan hewan ke dalam “puzzle box” (seperti gambar di bawah) yang diatur sedemikian rupa, sehingga binatang membuat jenis respon melarikan diri.









Percobaan dilakukan terhadap seekor kucing yang lapar.Kucing itu ditaruh dalam kandang, yang mana terdapat celah-celah yang kecil di kandang tersebut, sehingga seekor kucing itu bisa melihat makakanan yang berada diluar kandang. Puzzle box di atas adalah sebuah kurungan kecil dengan pintu yang akan terbuka jika kucing menarik tali yang tergantung di dalam kurungan. Tugas kucing ialah keluar dari kurungan untuk mendapatkan makanan (hadiah) yang ditempatkan di luar kurungan. Mula-mula, kucing akan berjalan di sekeliling kurungan, mencakar-cakar lantai, meloncat ke kiri-kanan hingga sampai pada gerakan yang tidak sengaja dia menarik tali pembuka pintu kurungan. Thorndike mengulang percobaan ini beberapa kali, dan kucing pun masih lari sekitar kandangnya, tetapi menarik tali lebih cepat. Setelah beberapa percobaan, kucing memusatkan tingkah lakunya di sekeliling tali, akhirnya menarik tali, pintu terbuka, dan mendapatkan makanan.
Thorndike merencanakan waktu hewan untuk memecahkan masalah sebagai fungsi dari jumlah membuka peluang binatang dalam memecahkan masalah. Setiap kesempatan adalah latihan, dan latihan dihentikan ketika binatang menemukan solusi yang benar. Dalam susunan percobaan dasar ini,Thorndike secara konsisten mencatat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah secara sistematis menurun sebagai jumlah latihan yang meningkat. Yakni,semakin banyak peluang binatang, semakin cepat memecahkan masalah.

3. Belajar merupakan Penambahan (Incremental), bukan secara Mendalam (Insightful)
Tidak ada penurunan waktu yang lambat untuk mencari solusi yang terdapat dari percobaan di atas. Thorndike menyimpulkan bahwa belajar lebih pada suatu tambahan daripada mendalam. Dengan kata lain, belajar terjadi dalam langkah-langkah sistematis yang sangat kecil daripada lompatan besar. Ia mencatat bahwa jika belajar mendalam, grafik akan menunjukkan bahwa waktu untuk solusi akan tetap relatif stabil dan akan tinggi ketika binatang tidak memperoleh latihan..

4. Belajar Tidak Ditengahi Oleh Ide-Ide.
Berdasarkan penelitiannya, Thorndike (1898) juga menyimpulkan bahwa belajar merupakan proses langsung dan tidak dipengaruhi oleh proses berpikir atau suatu alasan. Berdasarkan percobaan di atas, kucing tidak melihat situasi, apalagi memikirkan hal itu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan. Perilaku tersebut diperoleh dari naluri dan pengalaman yang telah menetap sebagai reaksi yang cocok untuk situasi "kurungan ketika lapar dengan makanan di luar".
5. Semua mamalia belajar dalam cara yang sama
Banyak yang terganggu oleh desakan Thorndike bahwa semua pembelajaran merupakan proses langsung dan tidak dimediasi oleh ide-ide, terutama karena ia juga mempelajari semua mamalia termasuk manusia mengikuti hukum yang sama.

 THORNDIKESEBELUM1930
Pemikiran Thorndike tentang prosesbelajardibagi menjadi dua bagian: satu bagianyang terdiri daripikirannyasebelum tahun 1930, dan bagian keduaterdiri daripandangannyasetelah 1930, ketika beberapaperubahanpandanganjauhsebelumnya.

1. Hukum Kesiapan (The Laws of Readiness)
Hukum Kesiapan (The Laws of Readiness), yang diusulkan dalam bukunya The Original Nature Of Man (Thorndike, 1913b), memiliki tiga bagian, disingkat sebagai berikut:
1) Ketika sebuah unit konduksi siap melakukan, konduksi tersebutmemuaskan.
2) Untuk unit konduksi siap untuk melakukan, tidak melakukan menyebalkan
3) Ketika sebuah unit konduksi belum siap untuk konduksi dan dipaksa untuk melakukan, konduksi dengan itu menjengkelkan
Apa yang dimaksudkan di sini dengan "unit konduksi siap melakukan" hanyalah kesiapan untuk tindakan atau tujuan diarahkan. Menggunakan terminologi saat ini kita dapat menyatakan kembali hukum Thorndike tentang kesiapan sebagai berikut:
1. Ketika seseorang siap untuk melakukan tindakan tertentu, untuk melakukannya adalah memuaskan
2. Ketika seseorang siap untuk melakukan tindakan tertentu, tidak untuk melakukannya adalah menjengkelkan
3. Ketika seseorang tidak siap untuk melakukan tindakan tertentu dan dipaksa untuk melakukannya, itu menjengkelkan
Secara umum, kita dapat mengatakan bahwa tujuan perilaku yang diarahkan menyebabkan frustrasi dan menyebabkan seseorang untuk melakukan sesuatu yang mereka tidak ingin lakukan adalah juga frustasi.

2. HukumLatihan (The Law of Exercise)
Sebelumtahun 1930,teoriThorndikeyang termasuk The Law of Exercise, yang memiliki duabagian:
1. Hubungan antara stimulus dan respon diperkuat ketika mereka digunakan. Dengan kata lain, melalui latihan berulang-ulang maka hubungan stimulus dan respons semakin kuat.Ini adalah bagiandari hukumlatihan yang disebuthukumpenggunaan (Law Of Use).
2. Hubungan antarastimulus dan respon melemahketika praktikdihentikanatau merekatidak digunakan. Iniadalah bagiandari hukumlatihan yang disebuthukumtidak digunakan (Law Of Disuse)
Apa yang dimaksud Thorndike dengan penguatan atau melemahnya koneksi?Ia mendefinisikan penguatan sebagai peningkatan probabilitas, bahwa respon akan dibuat ketika stimulus berulang. Jika ikatan antara stimulus dan respon yang diperkuat, waktu berikutnya stimulus yang terjadi ada kemungkinan peningkatan bahwa respon akan terjadi. Jika ikatan itu melemah, ada kemungkinan menurun bahwa waktu berikutnya terjadi stimulus respon akan terjadi. Secara singkat, hukum kesiapan mengatakan bahwa kita belajar dengan melakukannya dan melupakan dengan tidak melakukannya.

3. Hukum efek (The Law of Effect)
Hukum efek, sebelum tahun 1930, mengacu pada penguatan atau melemahnya suatu hubungan antara stimulus dan respons sebagai akibat dari konsekuensi respon. Sebagai contoh, jika respon yang diikuti oleh kepuasan latihan dari suatu keadaan, kekuatan sambungan meningkat. Jika respon diikuti oleh latihan dari suatu keadaan yang menjengkelkan, kekuatan sambungan menurun. Dalam terminologi modern, Jika stimulus mengarah ke respon, yang pada gilirannya menyebabkan penguatan, koneksi SR adalah penguatan. Di sisi lain, jika stimulus mengarah ke respon yang mengarah ke hukuman, koneksi SR melemah.
Hukum Efek Thorndike diserang dengan beberapa alasan. Kritikus mengatakan argumennya itu tidak berujung pangkal: Jika respon probablility naik, itu dikatakan karena kepuasan latihan suatu keadaan. Jika itu tidak naik, itu diklaim tidak ada kehadiran. Ia percaya bahwa situasi semacam ini tidak memungkinkan untuk tes teori sejak peristiwa yang sama (meningkat atau menurun probabilitas respon) adalah Thorndike telah menunjukkan kritik ini menjadi tidak valid karena sesuatu sekali telah terbukti satisfier, jika dapat digunakan untuk perilaku modifly dalam situasi lain (Meehl, 1950). Dengan kata lain, itu adalah "transituational" sifat pemuas yang menyimpan hukum efek dari sirkularitas.
Kritik kedua, dengan fakta bahwa efek respon muncul untuk bekerja kembali dalam waktu pada ikatan saraf yang menyebabkannya. Pertama, ada stimulus yang menyebabkan respon tertentu untuk terjadi karena ada hubungan saraf antara bahwa stimulus dan respon itu. Jika hasil respon dalam keadaan memuaskan urusan, koneksi SR diperkuat. Bagaimana ini bisa terjadi, karena unit konduksi telah dipecat sebelum negara memuaskan urusan yang telah terjadi? Thorndike berusaha untuk menjawab pertanyaan ini dengan mendalilkan adanya reaksi mengkonfirmasikan, yang memicu dalam sistem saraf jika respon menghasilkan dalam keadaan memuaskan urusan. Thorndike merasa bahwa ini adalah reaksi mengkonfirmasikan neurofisiologis di alam dan organisme itu tidak sadar akan hal itu. Meskipun Thorndike tidak merinci karakteristik reaksi ini, ia menduga bahwa seperti reaksi neurofisiologis adalah penguat sejati obligasi saraf. Kami akan memiliki lebih mengatakan tentang reaksi mengkonfirmasi ketika kita mempertimbangkan konsep Thorndike tentang rasa memiliki.
Beberapa ahli teori belajar telah mencoba untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penguatan dapat memperkuat respon yang dihasilkan dengan mendalilkan adanya jejak saraf yang masih aktif ketika kepuasan terjadi. Dengan kata lain, untuk para teoretikus ini, unit konduksi masih aktif pada saat organisme pengalaman negara urusan memuaskan. Meskipun gagasan jejak saraf menjadi jawaban populer untuk pertanyaan, masalah bagaimana penguatan memperkuat respon pada dasarnya masih belum terpecahkan.
Kritik ketiga hukum Thorndike yang efek menyangkut cara otomatis bahwa koneksi itu diperkuat atau diperlemah. Bahkan dengan hukum efek, Thorndike percaya belajar menjadi langsung dan bukan akibat dari mekanisme sadar seperti berpikir atau penalaran. Jelas, Thorndike merasa bahwa organisme tidak perlu menyadari berbagai pemuas bagi mereka untuk memiliki efek mereka. Perdebatan mengenai apakah pelajar atau tidak harus menyadari kontinjensi penguatan sebelum mereka dapat mempengaruhi perilaku berlanjut hari ini, dan karena itu kami akan kembali ke sana sering sepanjang buku ini.

 KONSEP KEDUA SEBELUM TAHUN 1930
Sebelum tahun 1930 teori Thorndike mencakup beberapa ide-ide yang kurang penting yang berhubungan dengan hukum kesiapan, akibat dan latihan. Konsep kedua mencakup multiple respon, perilaku, ketidaknormalan, respon dari analogi dan perpindahanasosiasi.

1. Multiple Respons atau reaksi yang bervariasi
Respon multiple atau variasi respon adalah tahap awal dari semua pembelajaran dari Thorndike. Hal itu kembali pada fakta ketika respon pertama tidak memecahkan sebuah permasalahan, maka kita akan mencoba respon lain yang lebih cocok untuk digunakan dan tentunya lebih bisa untuk memecahkan sebuah masalah yang ada. Trial and error learning, tentunya tergantung pada percobaan pertama pada sebuah respon yang di tunjukkan oleh binatang (sebagai model percobaan) sampai menemukan sebuah respon yang cocok. Ketika muncul suatu kemungkinan dari respon untuk dibuat lebih baik dari sebelumnya. Dengan kata lain,melaluiproses trial and error seseorang akan terus melakukanrespons sebelum memperoleh respon yang tepat dalammemecahkan masalah yang dihadapi.



2. Set atau attitude
Thorndike (1913) menjelaskan bahwa set atau attitude adalah situasi di dalam diri individu yang menetukan apakah sesuatu itu menyenangkan atau tidak bagi individu tersebut. Proses belajar berlangsung dengan baik bila situasi menyenangkan dan terganggu bila situasi tidak menyenangkan.

3. Prinsip aktivitas berat sebelah (partial activity/prepotency of elements)
yaitu manusia memberikan respons hanya pada aspek tertentu. Dalam belajar harus diperhatikan lingkungan yang sangat komplek yang dapat memberi kesan berbeda untuk orang yang berbeda.

4. Prinsip Response by analogy atau transfer of training.
yaitu manusia merespon situasi yang belum pernah dialami melalui pemindahan (transfer) unsur-unsur yang telah mereka kenal kepada situasi baru. Dikenal dengan theory of identical elements yang menyatakan bahwa makin banyak unsur yang identik, maka proses transfer semakin mudah.
Thorndike (1906) menyatakan bahwa ada sedikit bukti bahwa pendidikan umum begitu mudah. Bahkan, ia percaya bahwa pendidikan yang menghasilkan keterampilan yang sangat khusus daripada yang umum:
Seorang pria mungkin dalam hal musisi prima tetapi dalam hal lain yang bodoh.Dia mungkin seorang penyair berbakat, tetapi bebal dalam music.Dia mungkin memiliki memori indah untuk angka dan hanya pas-pasan untuk daerah, wajah poectry atau manusia.Sekolah anak mungkin alasan mengagumkan dalam ilmu pengetahuan dan berada di bawah rata-rata dalam tata bahasa.Mereka yang sangat baik dalam menggambar mungkin sangat miskin dalam menari.

5. Perpindahan asosiasi (Associative Shifting)
yaitu proses peralihan suatu situasi yang telah dikenal ke situasi yang belum dikenal secara bertahap. Caranya, menambahkan sedikit demi sedikit unsur-unsur (elemen) baru dan membuang unsur-unsur lama sedikit demi sedikit sekali, sehingga unsur baru dapat dikenal dengan mudah oleh individu.
Dalam cara yang lebih umum, iklan banyak didasarkan pada prinsip perpindahan asosiasi. Pengiklan hanya menemukan objek stimulus yang menimbulkan perasaan positif, seperti gambar seorang wanita cantik atau pria tampan, kepribadian dihormati, seorang dokter medis, ibu, atau adegan outdoor romantis. Kemudian pengiklan memasang obyek stimulus dengan produk - sebuah merek rokok, mobil, atau deodorant sesering mungkin sehingga produk akan menimbulkan perasaan positif yang sama yang ditimbulkan oleh stimulus objek asli.
Dalam teori Thorndike, perlu dicatat bahwa perpindahan asosiasi sangat berbeda dari pembelajaran trial-and-error yang diatur oleh hukum efek. Tidak seperti pembelajaran yang tergantung pada hukum efek, perpindahan asosiasi hanya tergantung pada hubungan atau kedekatan.

 THORNDIKE SETELAH 1930
Pada bulan September 1929, Thorndike berdiri di depan Kongres Internasional Psikologi di New Haven, Connecticut, dan memulai pidatonya dengan mengatakan, "Saya salah”.Pengakuan ini menunjukkan suatu aspek penting dari praktek ilmiah yang baik, yaknipara ilmuwan diwajibkan untuk mengubah kesimpulan mereka jika data yang ada menuntut demikian.

1. Revisi Law of Exercise (Hukum Latihan)
Hukum latihan ditinggalkan, karena ditemuka bila pengulangan saja tidak cukup untuk memperkuat hubungan stimulus dan respons. Meskipun demikian, Thorndike masih mempertahankan bahwa latihan menyebabkan peningkatan kecil dan bahwa kurangnya latihan menyebabkan sedikit lupa.

2. Revisi Law of Effect (Hukum Efek)
Setelah tahun 1930, hukum efek menyatakan bahwa respon diikuti oleh keadaan memuaskan dari stimulus yang diperkuat. Selain itu, Thorndike menemukan bahwa respon menghukum tidak berpengaruh pada kekuatan hubungan. Law of Effect direvisi menjadi, efek penguatan (reward) dapat meningkatkan kekuatan hubungan, sedangkan hukuman (punishment) tidak berpengaruh apapun tehadap kekuatan hubungan.


3. Belongingness
Thorndike mengamati bahwa dalam belajar asosiasi, di samping faktor kedekatan, hukum efek sering terlibat. Menurutnya, konsep belongingness yakni terjadinya hubungan stimulus respon bukannya kedekatan, tetapi adanya saling sesuai antara kedua hal tersebut. Situasi belajar akan mempengaruhi hasil belajar. Kita dapat mengatakan, misalnya, bahwa binatang lapar akan mencari makanan yang memuaskan dan binatang haus akan menemukan air yang memuaskan.
Thorndike menggunakan konsep belongingness dalam dua cara. Pertama, ia menggunakannya untuk menjelaskan mengapa ketika belajar materi verbal, seseorang cenderung untuk mengatur apa yang telah dipelajari ke dalam unit yang dianggap sebagai milik bersama. Kedua, ia mengatakan bahwa jika efek yang dihasilkan oleh respon yang terkait dengan kebutuhan organisme, pembelajaran akan lebih efektif daripada efek yang dihasilkan oleh respon yang tidak berhubungan dengan kebutuhan organisme.
Thorndike juga menyatakan bahwa respon dipelajari paling mudah diberikan dalam arah yang terbentuk. Sebagai contoh, hampir semua orang bisa melafalkan alfabet maju, tapi jarang seseorang bisa membacanya mundur. Demikian juga, sebagian besar anak sekolah pun bisa melafalkan ikrar kesetiaan maju, tetapi akan jarang menemukan seorang anak dapat membacanya mundur.

4. Spread of effect (Sebaran Efek)
Setelah tahun 1930, Thorndike memberikan konsep teoritis penting lainnya yang ia sebut dengan sebaran efek, yaitu bahwa akibat dari suatu perbuatan dapat menular. Dalam salah satu ekperimennya Thorndike secara tidak sengaja menemukan bahwa kondisi yang memuaskan tidak hanya meningkatkan peluang terulangnya respon yang mengarah ke kondisi yang memuaskan tersebut. Akan tetapi juga meningkatkan peluang terulangnya respon disekitar respon yang dikuatkan.
Salah satu eksperimen yang menunjukan efek ini menampilkan sepuluh kata diantaranya adalah catnip, debate, dan dazzle kepada subyek yang diperintahkan untuk merespon dari angka 1 sampai 10. Jika subyek merespon sebuah kata dengan angka yang sebelumnya telah dipilih oleh peneliti, peneliti akan berkata “benar”. Jika subyek merespon dengan angka lain, peneliti akan berkata “salah”. Eksperimen ini dilakukan sampai beberapa uji coba. Dua hasil pengamatan ditemukan dari penelitian ini. Pertama, ternyata penguatan (peneliti berkata “benar”) meningkatkan peluang pengulangan angka yang sama ketika kata stimulus diberikan, tetapi hukuman (peniliti berkata “salah”) tidak mengurangi peluang pengulangan angka yang salah. Sebagian dengan dasar penelitian inilah, Thorndike merevisi hukum efeknya sebelumnya.
Yang kedua, ternyata peluang pengulangan angka sebelum dan setelah angka yang dikuatkan meningkat, meskipun angka itu tidak mendapatkan penguatan dan bahkan angka-angka didekat angka yang sebenarnya dihubungkan dengan hukuman. Oleh sebab itu Thorndike menyebut kondisi yang memuaskan “menyebar” dari respon yang dikuatkan ke respon di sekelilingnya. Dia menyebut fenomena ini dengan nama spread of effect (sebaran efek). Thorndike juga menemukan bahwa efek ini akan menghilang seiring bertambahnya jarak. Dengan kata lain, respon yang dikuatkan memiliki peluang pengulangan terbesar, kemudian respon yang paling dekat dengan respon yang dikuatkan, kemudian respon didekat respon itu, dan begitu seterusnya.
Ketika menemukan sebaran efek, Thorndike merasa dia telah menemukan penegasan lain untuk hukum efeknya, karena penguatan tidak hanya meningkatkan peluang respon yang dikuatkan tetapi juga meningkatkan peluang respon-respon didekatnya, meskipun respon-respon ini memperoleh hukuman. Dia juga merasa bahwa sebaran efek lebih jauh menunjukan sifat belajar yang langsung dan otomatis.

C. APLIKASI TEORI THORNDIKE
1. Thorndike dan pendidikan
Thorndike percaya bahwa praktek pendidikan harus dipelajari secara ilmiah. Jelas baginya bahwa harus ada hubungan erat antara pengetahuan proses belajar dengan praktek mengajar. Oleh sebab itu, dia berharap seiring bertambahnya hal yang telah ditemukan mengenai sifat belajar, semakin banyak juga yang harus diterapkan untuk meningkatkan praktek mengajar. Thorndike (1906) berpendapat:
Tentu saja pengetahuan psikologi saat ini lebih mendekati angka nol daripada kesempurnaan dan aplikasinya untuk pengajaran tidaklah lengkap. Tidak menentu dan berubah-ubah. Penerapan psikologi kedalam pengajaran lebih seperti ilmu tumbuhan dan ilmu kimia yang diterapkan untuk pertanian daripada lmu psiologi dan patologi yang diterapkan untuk kedokteran. Seorang dapat bercocok tanam dengan baik tanpa ilmu pengetahuan dan seorang dapat mengajar dengan baik tanpa harus mengenal dan menerapkan ilmu psikologi. Tetapi petani yang memiliki pengetahuan cara menerapkan ilmu tumbuhan dan ilmu kimia kedalam bercocok tanam akan menjadi petani yang lebih berhasil daripada petani yang tidak memiliki ilmu tersebut dan hal yang sama juga terjadi untuk guru dimana guru yang dapat menerapkan ilmu psikologi, ilmu sifat manusia kedalam masalah di sekolah akan menjadi guru yang lebih berhasil.

Pada banyak hal, pemikiran Thorndike bertentangan dengan pandangan tradisional tentang pendidikan; salah satu contohnya dapat dilihat dalam teori elemen identik transfernya. Thorndike (1912) juga memiliki pandangan yang berbeda untuk pengajaran dengan teknik ceramah yang begitu terkenal saat itu (sampai sekarang):
Metode ceramah dan demonstrasi menampilkan pendekatan yang memiliki kelemahan dimana guru hanya memberitahu siswa apa yang guru sampaikan saja. Guru menyampaikan kesimpulan dan percaya siswa akan menggunakan kesimpulan itu untuk belajar lebih banyak. Guru meminta siswa memperhatikan dia, melakukan yang terbaik untuk memahami pertanyaan yang tidak datang sendiri dari mereka dan jawaban yang tidak berasal dari mereka. Guru hanya mendidik siswa seperti seseorang yang memberikan warisan.

Dia juga berkata,
Kesalahan yang paling umum yang dilakukan orang yang tidak berpengalaman dalam hal mengajar adalah berharap siswa mereka memahami apa yang diberitahukan oleh guru. Tetapi memberitahu bukanlah mengajarkan. Ekspresi fakta yang ada dalam pikiran seseorang adalah dorongan alami ketika seseorang ingin orang lain mengetahui fakta-fakta ini, sama halnya dengan menggendong dan menidurkan anak yang sakit yang muncul karena dorongan alami juga. Tetapi memberitahu fakta kepada anak tidak akan menyembuhkan dia dari keacuhan sama halnya dengan tepukan tidak akan menyembuhkan anak yang terkena demam.

Lalu apa yang dimaksud dengan pengajaran yang baik? Untuk mewujudkan pengajaran yang baik, pertama kali Anda harus benar-benar tahu apa yang ingin Anda ajarkan. Jika Anda tidak benar-benar mengetahui apa yang Anda akan ajarkan, Anda tidakakan tahu materi apa yang akan Anda sajikan, respon apa yang Anda cari, dan kapan harus memberikan pemuas kepada siswa. Prinsip ini tidak sejelas seperti kelihatannya. Meskipun tujuh aturan Thorndike (1992) didesain untuk mengajarkan aritmatika, aturan ini menampilkan saran dia untuk pengajaran secara umum:
1. Pertimbangkan situasi yang dihadapi oleh siswa.
2. Pertimbangkan respon yang ingin Anda hubungkan.
3. Bentuklah pertalian: Jangan berharap pertalian muncul karena keajaiban.
4. Jangan buat pertalian yang harus diputus.
5. Jangan buat dua atau tiga pertalian jika satu saja sudah cukup.
6. Buatlah pertalian yang nanti dibutuhkan lagi.
7. Pilihlah situasi yang cocok dengan hidup dan respon yang penting untuk hidup.

2. Penerapan Teori Belajar Koneksionisme
a. Guru dalam proses pembelajaran harus tahu apayang hendak diberikan kepada siswa.
b. Dalam proses pembelajaran, tujuan yang akandicapai harus dirumuskan dengan jelas, masihdalam jangkauan kemampuan siswa.
c. Motivasi dalam belajar tidak begitu penting, yanglebih penting ialah adanya respon-respons yangbenar terhadap stimuli.
d. Ulangan yang teratur perlu sebagai umpan balikbagi guru, apakah proses pembelajaran sudahsesuai dengan tujuan yang ingin dicapai atau belum.
e. Siswa yang sudah belajar dengan baik segeradiarahkan.
f. Situasi belajar dibuat mirip dengan kehidupan nyata,sehingga terjadi transfer dari kelas ke lingkunganluar.
g. Materi pembelajaran yang diberikan harus dapatditerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
h. Tugas yang melebihi kemampuan peserta didiktidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalammemecahkan permasalahannya

3. Implikasi Hukum Kesiapan dalam Pendidikan
a. Sebelum gurudalam kelas mulai mengajar, maka anak – anak disiapkan mentalnya terlebih dahulu. Misalnya anak disuruh duduk yang rapi, tenang dan sebagainya.
b. Penggunaan tes bakat sangat membantu untuk menyalurkan bakat anak. Sebab mendidik sesuai dengan bakatnya akan lebih lancar dibandingkan dengan bila tidak berbakat.

4. Implikasi Hukum Kesiapan dalam Pendidikan
Penggunaan hukum latihan dalam proses belajar mengajar adalah prinsip ulangan, misalnya :
a. Memberi keterampilan kepada para siswa agar sering atau makin banyak menggunakan pengetahuan yang telah diperolehnya.
b. Diadakan latihan resitasi dari bahan – bahan yang dipelajari.
c. Diadakan ulangan – ulangan yang teratur dan bahkan dengan ulangan yang ketat atau system drill, ini akan memperkuat hubungan S-R.

5. Implikasi Hukum Efek dalam Pendidikan
a. Pengalaman/situasi kelas/kampus buatlah sedemikian rupa sehingga menyenangkan bagi para siswa/mahasiswa/guru maupun karyawan sekolah. Penghuni sekolah merasa puas, aman, dan mereka senang pada tugasnya masing – masing.
b. Bahan–bahan pengajaran buatlah ada artinya, dapat diterima atau dimengerti berguna bagi kehidupan.
c. Tugas–tugas sekolah diatur dengan tahap–tahap pencapaian hasilnya dan memberi keyakinan bagi para pelajar, guru, maupun petugas lainnya.
d. Tugas-tugas sekolah ditata dengan tahap-tahap kesukarannya sehingga para siswa dapat maju tanpa mengalami kegagalan
e. Bahan-bahan pelajaran diadakan variasi dan metode pengajaran juga dapat dibuat bervariasi agar pengalaman-pengalaman belajar mengajar menjadi segar dan menyenangkan, tidak menjemukan.
f. Bimbingan , pemberian hadiah, pujian, bahkan bila perlu hukuman tentulah akan dapat memberi motivasi proses belajar mengajar.




DAFTAR RUJUKAN

Adi Yulianto, J. Teori Thorndike dalam Belajar, (Online), (http://www.pandidikan.blogspot.com/2010/04/teori-thorndike-dalam-belajar.html, diakses 31 Januari 2012).

Sumarno, A. Behaviorisme – Teori Thorndike, (Online), (http://elearning.unesa. ac.id/myblog/alim-sumarno/behaviorisme-teori-thondike, diakses 31 Januari 2012).
--. Teori Belajar Behavioristik, (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ T%20behaviouristik_0.pdf, diakses 30 Januari 2012).






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India