Minggu, 18 Desember 2011

Apa itu Psikologi???


Sampai sekarang masi banyak dari kita yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih psikologi itu?? orang yang mengeyam bangku pendidikan pun masih belum tau apa itu Psikologi. Kebanyakan masyarakat kita mengartikan Psikologi sebagai wadah tempat orang-orang gila, emang RSJ apa. hehe
memang benar psikologi untuk mengkaji orang-orang gila, stres, abnormal dll, tetapi itu adalah sebagian kecil dari kajian ilmu Psikologi. baiklah biar gk penasaran kita bahas tentang apa itu Psikoogi.
Secara etimologis psikologi diambil dari bahasa inggris psychology yang berasal dari bahasa Yunani Psyche yang berarti jiwa (soul, mind) dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. jadi dapat dikatakan psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang jiwa. Banyak para ahli yang memberikan pengertian tentang psikologi, mereka menyumbangkan pengertian mengenai psikologi menurut sudut pandang masing-masing sehingga terdapat perbedaan mengenai pengertian psikologi ini. Diantara para ahli itu antara lain:
Plato dan Aristoteles : Psikologi adalah illmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya samapai ahir.
Wundt (1829) : Psikologi bertugas menyelidiki apa yang kita sebut pengalaman dalam sensasi dan perasaan kita sendiri, pikiran serta kehendak kita yang bertolak belakang dengan setiap objek pengalaman luar yang melahirkan pokok permasalahan ilmu alam
Crow & Crow : "Psychology is the study of human behavior and human relationship.”
(Psikologi adalah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain [human relationship] maupun bukan manusia; hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya).
Chaplin (1972) dalam Dictionary of Psychology : "Psychology is the science of human and animal behavior, the study of organism in all its variety and complexity as it respond to the flux and flow of the physical and social events which make up the environment.”
(Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan).
Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang jiwa dan perilaku manusia dan hewan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India