Minggu, 18 Desember 2011

Sejarah Psikologi


Psikologi adalah ilmu yang mepelajari tentang seluk beluk kejiwaan manusia. Penyelidikan tentang kejiwaan itu sendiri mua-mula dilakukan oleh para filsuf Yunani kuno. Pada waktu itu belum ada pembuktian-pembuktian secara empiris, melaikan segala teori dikemukakan berdasarakan argumentasi-argumentasi logis (akal) belaka. Berabad-abad setelah itu psikologi juga masih merupakan bagian dari filsafat, antara lain di Prancis muncull Rene Descartes (1596-1650), di Inggris muncul tokoh Juhn Locke (1623-1704), mereka dikenal sebagai tokoh asosiasionisme , yaitu doktrin psikologi yang menyatakan bahwa jiwa itu tersusun atas elemen-elemen sederhana dalam bentuk ide-ide yang muncul dari pengalaman indrawi. Ide-ide ini bersatu dan berkaitan satu sama lain lewat asosiasi-asosiasi.
Psikologoi baru diakui menjadi cabang ilmu independen setelah didirikan laboraturium psikologi oleh Wilhem Wundt pada tahun 1879. Yang kemudian sangat berpengaruh bagi perkembangan psikologi selanjutnya, para sarjana psikologi mulai menyelidiki gejala-gejala kejiwaan secara lebih sistematis dan objektif.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India